Jumat, 25 Januari 2013

SEKATEN 2013


Alhamdulillah bisa nulis blog lagi xixixi mungkin karna lagi pengen aja kali ya o:) . kali ini aku mau bahas tentang Sekaten 2013 yg diadakan di alun-alun kota Solo. Selama 2 tahun lebih aku tinggal di Solo, baru saat ini aku bisa datang dan melihat langsung Upacara Sekaten. Apa sih Sekaten itu? Sekaten adalah acara peringatan kelahiran Nabi Muhammad saw. Yang diadakan setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud atau Rabiul awal Hijrah. Awalnya Upacara Sekaten dirintis oleh oleh Sultan Hamengkubuwana I,  beliau adalah pendiri keraton Yogyakarta. Acara Sekaten ini berpusat di Masjid Agung Surakarta yang terletak di Barat Alun-alun Surakarta.
Sebelum acara pertama dimulai, Sekaten dimeriahkan dengan adanya pasar malam. U know lah pasar malam xixixixi di pasar malam juga menjual jajanan pasar khas Solo loh.



Susunan acara Sekaten 2013 :
1.       Jamuro Surakarta
2.       Penyerahan Gamelan Sekaten
3.       Upacara Pembukaan
4.       Festival Hadrah ke XVI
5.       Jamuri Surakarta
6.       Pengajian Ba’da Maghrib & Ba’da Isya
7.       Lomba Dakwah & Pembacaan Kitab Al Barzanji
8.       Upacara Penutupan
h.            a. Kembalinya Gamelan Sekaten
b.           b. Upacara Gunungan Sekaten/Grebeg Mulud

Aku baru sempet 2 kali dateng ke Sekaten. Pertama dateng sih cuma ke pasar malem aja buat nganter ade & nenek main xixixi. Nah pas tanggal 24 Januari nya aku dateng di penutupan upacara Sekaten. karna aku dateng lumayan pagi jadi dapet tempat yg enak. Yaitu pendopo Masjid Agung. Tepatnya dibelakang deretan Abi Dalem. Dan aku nyerobot paling depan xixixixi. Alhasil Alhamdulillah bisa mengabadikan gambar proses penutupan upacaranya.



Penutupan upacara dimulai dari pengembalian Gamelan Sekaten yaitu  Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari yang diiringi oleh para Abdi Dalem. sebelum gunungan tiba di Masjid Agung, di pendopo Masjid Agung diisi dengan shalawatan dan ceramah dari ustadz dan ustadzah. Sekitar jam 11.45 Gunungan tiba di Masjid Agung. Setibanya gunungang, tidak boleh langsung diambil karena harus didoakan terlebih dahulu oleh Kiyai Keraton. Dan sudah diduga sebelumnya, baru saja selesai didoakan, pengunjung sudah menyerbu gunungannya. Ga ada 5 menit loh, gunungan ludes tinggal kerangka. ya maklumlah, karena ribuan pengunjung dari berbagai kota juga ikut berpartisipasi dalam acara ini. 





selesainya nih ada yg kecewa karena ga dapet bagian dari gunungan, ada yg seneng juga karena dapet bagian dari gunungan. katanya sih, orang-orang percaya kalo dapet  bagian dari gunungan nanti ditanam di kebun atau sawah, pasti kebun atau sawah tersebut akan subur. waahh waallahualam ya :)

hari sudah siang namun mendung menghiasi langit solo nih. lelah banget dempet-dempetan sama beribu pengunjung lainnya. himbauan untuk orangtua nih, jangan membawa anak-anaknya kesini. kasihan takut terinjak pengunjung lainnya. jika membawa anak kecil, jangan sampai terlepas dari tangan orang dewasa.


pulang yuuk setelah puas melihat langsung acara penutupan Sekaten ini lelahnya bukan main. Di depan Masjid Agung ada jajanan dan pernak-pernik yg bisa di jadikan oleh-oleh. beli deh yuuk beli.. :D





udah dulu nih cerita singkat dari Sekaten 2013, semoga informasi ini berguna yaa.. aamiin :) dan ini nih penampakan dari sang blogger dengan ade dan sepupu. hehe 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar